Perebutan Gelar Best Student Company di Starbucks Regional Student Company Competition (RSCC)
DJAKARTA.ID – Program tahunan Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP), kembali hadir di bulan “Kebaikan Global” 2025 ini. Sebagai acara puncaknya, Starbucks Indonesia juga mengadakan kompetisi Regional Student Company Competition (RSCC) yang tahun ini berhasil menjaring 275 siswa-siswi dari 10 SMA/sederajat di 9 kota di Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Jayapura.
Starbucks Indonesia juga kembali bermitra dengan organisasai nirlaba Prestasi Junior Indonesia (PJI). Program SCYEP 2025 ini bertujuan untuk memberdayakan siswa sekolah menengah menghadapi tantangan setelah lulus, sekaligus mengajarkan mereka keterampilan praktis dalam memulai dan mengelola bisnis, mengelola keuangan, mengembangkan produk, hingga memasarkan usaha mereka.
“Kegiatan SCYEP ini juga didukung oleh Starbucks Foundation, di mana ada 150 partner (karyawan) terlibat sebagai sukarelawan untuk memberikan pendampingan terhadap peserta kompetisi. Terhitung sejak program ini diluncurkan pada bulan September 2024, partner kami telah berkontribusi 700 jam dalam memberikan pendampingan kepada siswa-siswa ini,” ungkap Avolina Raharjanti sebagai Senior General Manager, Corporate Public Relation PT. Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi jenama Starbucks di Indonesia.
Puncak dari program SCYEP 2025 ini adalah RSCC atau kompetisi regional antar perusahaan siswa. Berlangsung kembali di Auditorium Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta, dua tim terbaik akan dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Mulai dari ide produk, strategi pemasaran, keuangan, dan potensi pengembangan bisnis mereka.
Pribadi Setiyanto selaku Ketua Dewan Pengurus Prestasi Junior Indonesia, mengungkapkan bahwa semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda harus ditumbuhkan melalui pembelajaran langsung dan pengalaman nyata.
“Melalui kolaborasi dengan The Starbucks Foundation dan Starbucks Indonesia, program ini menjadi ruang bagi para siswa untuk menggali potensi, membangun kreativitas, dan mengasah keterampilan bisnis yang relevan dengan dunia kerja masa depan. Kami bangga melihat transformasi para peserta menjadi pengusaha muda yang percaya diri, inovatif, dan siap memberikan kontribusi positif bagi komunitas mereka,” pungkas Pribadi Setiyanto saat ditemui di acara puncak SCYEP 2025.
Dua unit bisnis yang meraih “The Best Student Company RSCC 2025” adalah sebagai berikut:
Keduanya akan melaju ke kompetisi berikutnya untuk meraih predikat “Company of the Year” yang akan digelar pada pertengahan tahun 2025 ini. Berikut daftar 8 finalis lainnya di ajang RSCC 2025 yang juga menciptakan berbagai unit bisnis berkelanjutan serta berdampak positif pada sekitarnya.
Posting komentar