e-Commerce

Memberdayakan Ekonomi Komunitas Sekitar Melalui Belanja Sembako

Chilibeli Menghadirkan Solusi Cerdas untuk Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga

Lahir pada bulan Juli 2019, Chilibeli hadir sebagai solusi digital dengan fokus pokok untuk pemberdayaan Ibu Rumah Tangga (IRT) dengan kesempatan untuk mewujudkan aspirasi serta menaikkan taraf kesejahteraan keluarga. Chilibeli adalah sebuah platform social commerce cerdas terbaru yang memperkenalkan era baru berbelanja berbagai produk segar serta kebutuhan rumah tangga lainnya.
 
Dalam kata sambutan saat acara perkenalan pada media tanggal 5 Maret, Alex Feng, CEO Chilibeli menjelaskan, “Didirikan oleh saya, Damon Yue, dan Matt Li pada bulan Juli 2019, saat ini Chilibeli telah berhasil mengantongi pendanaan Seri-A dari Sequoia Capital, Golden Gate Ventures, Lightspeed Venture Partners, serta pendana terkemuka lainnya. Hal tersebut menggambarkan rasa percaya VC kepada konsep aplikasi social commerce yang memberikan solusi cermat yang menjadi angin segar bagi industri retail brick and mortar konvensional”.
 
“Selain itu, karena permintaan transaksi yang melaju tinggi, kami pun pindah dari warehouse pertama yang terletak di Jagakarsa ke Sawangan, Depok — menempati ruangan seluas 2000 meter persegi untuk berbagai fungsi logistik terpadu dan berkesinambungan, seperti titik kumpul semua produk kebutuhan rumah tangga, pusat forwarding produk pesanan Mitra Chilibeli, pengemasan sayur mayur dan buah-buahan setiap hari, serta penyimpanan produk segar dengan walk-in freezer dan walk-in chiller,” lanjut Alex.
 

“Kami berharap Chilibeli dapat menjadi sebuah solusi digital efisien perniagaan terkait bernilai lebih bagi semua pihak dengan kemitraan langsung kami dengan para produsen seperti petani, nelayan, pencipta produk FMCG lokal dan multinasional, guna menghadirkan produk pesanan langsung kepada konsumen sehingga produk tangan pertama tersebut berharga kompetitif dan mampu bersaing karena berada di posisi bawah harga pasar,” lanjut Alex.
 
Dalam sesi simulasi aplikasi, Yumir Syamsyah Lubis, Head of Marketing Communications, Chilibeli, menggarisbawahi bahwa sejak semula komitmen untuk menjadikan semua proses sederhana, mudah, dan cepat, dengan menciptakan situs dan aplikasi yang intuitif. “Bagi IRT yang hendak berbelanja kebutuhan rumah tangga, cukup mengunduh aplikasi Chilibeli yang telah tersedia untuk sistem operasi Android, masukkan kawasan tempat tinggal, lalu pilih Mitra Chilibeli terdekat. Setelah itu, mereka pun dapat klik produk kebutuhan rumah tangga yang hendak dibeli. Terdapat nomor kontak Mitra Chilibeli yang dapat berkomunikasi untuk konfirmasi pesanan, harga, dan jadwal produk pesanan tiba”.
 
“Sedangkan, untuk menjadi Mitra Chilibeli, IRT dianjurkan juga untuk mengunduh aplikasi Chilibeli, kemudian mengajukan pendaftaran di aplikasi tersebut. Aplikasi Chilibeli akan menjadi semacam panduan berbelanja dan pesanan bagi para Mitra Chilibeli dalam memonitor pesanan kebutuhan rumah tangga, data pemesan, tanggal pengantaran, serta data akuntansi sederhana,” jelas Yumir.
 

Unit Bisnis yang diterapkan oleh Chilibeli adalah:
 
  • Mitra Chilibeli, sebagai ketua komunitas yang akan membantu para tetangga atau orang terdekat sekitar untuk berbelanja produk segar atau kebutuhan sehari-hari dengan lebih mudah dan nyaman.
  • Mitra Chilibeli Warung juga merupakan ketua komunitas yang memiliki warung sebagai penghasilan utama. Dalam hal ini, Chilibeli dapat membantu para pemilik warung untuk mendapatkan barang-barang yang lebih banyak dengan harga terjangkau tanpa perlu keluar rumah.
  • B2B merupakan bisnis unit Chilibeli yang menawarkan produk-produk Chilibeli kepada restoran, kafe atau usaha sederhana serupa warteg, balk sistem franchise maupun non-franchise. 
Gabriela Davita Amelia, Brand Specialist, Chilibeli, menjelaskan, “Kami berdayakan jaringan luas dan kuat komunitas Ibu Rumah Tangga di Jakarta, Tangerang Selatan, dan Depok, dengan sistem keanggotaan berstruktur dimana setiap IRT dapat berperan sebagai kanal distribusi mandiri jajaran produk segar bermutu ke setiap rumah tangga di sekitar tempat tinggal mereka masing-masing.” Kemudahan berbelanja, kenyamanan transaksi, serta jaminan kesegaran dan kebaikan produk menjadi kunci pokok Chilibeli dalam bersaing dengan supermarket.
 
Beberapa fitur atau fasilitas yang didorong terus oleh Chilibeli adalah:
 
  • Total pengiriman selama 6 hari seminggu (Senin hingga Sabtu)
  • Chilibeli tengah mengembangkan jaringan komunitas Mitra Chilibeli terutama di kawasan Jakarta, Tangerang Selatan, dan Depok.
  • Pemesanan melalui aplikasi Chilibeli dan situs chilibeli.id (jika bukan pengguna Android) dan memilih area komunitas terdekat dari rumah yang tertera di dalam aplikasi/situs tersebut.
  • Mitra Chilibeli di masing-masing area komunitas akan menghubungi pemesan via aplikasi chatting untuk konfirmasi pesanan dan pemberitahuan jadwal pengiriman.
  • Fasilitas CoD (Cash on Delivery) tanpa adanya minimum pesanan menjadi jaminan kualitas dan mutu produk yang Chilibeli tawarkan.
  • Permintaan pergantian produk dapat dilakukan paling lambat dalam kurun waktu 1x24 jam setelah penerimaan barang, maka akan digantikan oleh Chilibeli jika memang barang tersebut tidak bagus/rusak.
“Ini adalah saat yang tepat bagi Chilibeli untuk memperkenalkan visi dan misi aplikasi kami kepada masyarakat Indonesia dalam rangka memperingati International Women’s Day yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2020. Acara ini juga menjadi kesempatan bagi kami untuk menyuarakan pentingnya pemberdayaan perempuan Indonesia dengan memberikan peran aktif dan strategis dalam segala aspek perekonomian dan pembangunan guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan taraf kesejahteraan keluarga Indonesia,” tutup Davita.