ninja xpress Gelar Festival Brand Lokal
DJAKARTA.ID – Jakarta, 7 Desember 2019 ninja xpress, sebuah layanan pengiriman di Indonesia sejak tahun 2015 menghadirkan acara berupa local brand festival. Bernama LOKALisme dengan campaign #ObsesiUntukNegeri, ninja xpress membawa merek-merek lokal tersebut lebih dekat dengan masyarakat Indonesia. Acara ini berlangsung pada tanggal 7 – 8 Desember 2019 di kawasan M Bloc Space yang sedang digandrungi oleh anak-anak muda Jakarta. Selama dua hari tersebut, pengunjung bisa menikmati pop up market, obrolan inspiratif, hingga pertunjukan musik lokal.
LOKALisme merupakan wujud komitmen ninja xpress dalam mendukung UKM dan pelaku bisnis lokal untuk bisa bersaing di antara gempuran merek-merek luar. “Kami ini layanan delivery service paling obsesif di Indonesia. Obsesif dalam artian positif, di mana kami ingin membantu bisnis para pelaku UKM lokal tanah air bisa berkembang. Maka dari itu, kami hadirkan LOKALisme ini sebagai inisiatif tahun ke-4 hadirinya ninja express. Sebelumnya, kami punya ‘ninja OASIS’, ‘Mitra ninja’, dan ‘ninja Academy’. Tujuan acara ini adalah untuk mendukung kreator dan local brand tanah air,” kata Eric Saputra, Country Head ninja xpress di media gathering event LOKALIsme.
Melalui kegiatan festival LOKALisme tersebut, ninja xpress ingin menyampaikan bahwa mereka tidak hanya bergerak sebagai perusahaan jasa pengiriman saja, namun juga aktif dalam mendukung para kreator dan merek lokal lebih dikenal serta diapresiasi. “Festival Brand LOKALisme ini kami jadikan sebagai titik mula yang akan berkelanjutan dengan kolaborasi lainnya di tahun mendatang. Kami inggin menghadirkan melayani pengiriman ke penjuru negeri sehingga membuka akses ke pasar lebih luas,” ujar Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer ninja xpress menambahkan.
Eric Saputra (kiri) dan Andi Djoewarsa (kanan)
Semangat tersebut disambut positif oleh kreator maupun pelaku bisnis lokal dari berbagai lini usaha, seperti fashion, accessories, hingga make-up. ninja xpress membawa sembilan pelaku bisnis UKM untuk menghubungkan produknya kepada pengunjung. Ada Tees & Scissor, House of Jealouxy, Pesisir, un.known, Polonian, They Talk About, Argyle and Oxford, Get Dirty, dan Studio Mural.
Festival LOKALisme menjadi sebuah gerakan untuk membuat produk lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri. ninja xpress memahami tantangan yang dihadapi oleh pelaku bisnis UKM maupun kreator lokal. Beberapa pelaku bisnis kecil mengalami kendala dalam proses inovasi produk-produknya. Oleh karena itu, ninja xpress juga memberikan mentor pada mereka untuk mengembangkan bisnisnya, mulai dari branding hingga pemasarannya.
“Kadang saya merasa stuck dalam berkreasi. Perkembangan ekonomi kreatif berbasis digital tengah berkembang, branding dan marketing pun juga terus berubah. Nah, kami ingin bisa lebih dikenal dan diingat supaya lebih vocal. Tapi, sayangnya konsumen hanya menginginkan diskon dan potongan harga. Bukannya kami nggak mau ngasih diskon, ya masa tiap bulan ngasih diskon. Kami ini UKM, bukan brand-brand gede yang tiap minggu mungkin bisa ngasih harga miring. Satu lagi, pada bisnis kami ini, partner delivery service tuh sangat penting. Kami membutuhkan partner yang dapat mengakomodir layanan lebih personal dan sesuai kebutuhan,” ujar pemilik salah satu local brand di festival LOKALisme.
ninja xpress sudah menyiapkan program yang bisa memberikan added value pada produk para pelaku bisnis lokal tersebut melalui ‘ninja Academy’. Program ini hadir sebagai layanan premium untuk para penjual dalam pengembangan produknya. Di samping itu, ada juga ‘ninja Oasis’, yakni workshop yang mengedukasi dengan menghadirkan diskusi bersama pembicara ahli dan sukses di bidangnya.
LOKALisme juga menghadirkan ‘Obrol Obsesi’ di mana pengunjung bisa menggali inspirasi dari para kreator maupun pelaku bisnis lokal. Beberapa pembicaranya adalah Endah Widiastuti (Earhouse) yang berbicara mengenai ‘Community Marketing 101’, Mohan Hazian (fashion entrepreneur), Fasty Nabila (social media & beauty industry), Abdul (Maika Collective), Budi (Gardu House), Alvin Kapau (MasakTV), dan Tastemade Indonesia.
Ada juga panggung hiburan yang menampilkan penampilan dari musisi lokal seperti Goodnight Electric, Kelompok Penerbang Rocket, Elephant Kind, Scaller, Pijar, Nona Ria dan PYT Sound System. Informasi lengkap mengenai LOKALIsme ini bisa mengunjungi akun Instagram @ninjaexpressID. (aul)
Posting komentar