Music

Konser Musik #PalingDrama Sedunia

KOSTCON Siap Menjadi Panggung Drama Korea 'Live on Stage'

DJAKARTA.ID – Korean Original Soundtrack Concert atau disingkat sebagai KOSTCON hadir pertama kalinya di dunia yang didedikasikan untuk pertunjukan konser lagu-lagu original soundtrack (OST) drama Korea (drakor). Hasil kolaborasi lintas negara ini siap memulai debut globalnya di Jakarta.

Dipilihnya Indonesia sebagai lokasi perdana karena menjadi negara terbesar dengan streaming tertinggi terhadap lagu-lagu Korean Pop (K-Pop). Setelah Jakarta (2 Agustus 2025), KOSTCON akan bertandang ke Manila (6 Agustus 2025), Dubai (5 September 2025), Bangkok (13 September), dan Penang (25 Oktober 2025).

KOSTCON merupakan konser yang tidak menampilkan sekadar pertunjukan musik, tetapi juga pengalaman emosional yang menyatukan nostalgia dan visual sinematik untuk menghidupkan kembali momen-momen drama Korea favorit di atas panggung. Mengusung tagline “Konser Paling Drama di Dunia”, KOSTCON akan menghadirkan line-up bertabur bintang: Lyn (“My Destiny” – My Love from the Star), Kim Bum Soo (“I Miss You” – Stairway to Heaven, “I Love You” – Uncontrollably Fond), K.Will (“Beautiful Moment” – The Beauty Inside), Soyou (“Miss You” – Goblin), Heize (“Can You See My Heart” – Hotel del Luna, “Round and Round” – Goblin, “Hold Me Back” – Queen of Tears), dan Lee Mujin (“Sweet” – Business Proposal).

Salah satu highlight terbesar KOSTCON Jakarta adalah kehadiran CHEN dari grup EXO yang telah menjadi suara di balik OST paling menyentuh dari berbagai drama hit drakor. Kehadiran CHEN menjadi jembatan antara dunia K-pop dan OST, menjadikannya sosok yang sangat ideal untuk membawa nuansa emosi mendalam dalam konser ini.

“Melalui KOSTCON, kami ingin menciptakan momen di mana penonton merasa seperti berada dalam cerita drama favorit mereka. Jakarta menjadi kota pembuka karena kecintaan luar biasa penggemar di Indonesia terhadap soundtrack drakor, baik di platform streaming maupun komunitas,” ujar David Shin, CEO Kelebrity Worldwide, inisiator dari KOSTCON.

KOSTCON Jakarta akan digelar pada Sabtu, 2 Agustus 2025 di Indonesia Arena, Senayan. Selain pertunjukan utama, tersedia program fan engagement seperti tantangan karaoke KOSTCON Noraebang berhadiah perjalanan ke Korea untuk 3 orang yang beruntung. Semua keseruan menjelang gelaran KOSTCON dapat diikuti melalui instagram @Kostcon_Official. Tiket tersedia dalam berbagai kategori dengan harga bersahabat di Tiket.com.

Sebagai mitra lokal, TMC Indonesia memastikan pengalaman ini terhubung dengan penonton Indonesia. “Kami bangga bisa terlibat sebagai co-promotor. Bagi kami KOSTCON merupakan bentuk selebrasi emosi, nostalgia, dan koneksi lintas budaya. Kami juga memastikan aksesibilitas bagi semua, termasuk penyandang disabilitas,” tambah Aulia Mahariza selaku CEO TMC Indonesia.

KOSTCON Jakarta dipastikan sangat ramah bagi semua kalangan, termasuk penyandang disabilitas. Aulia juga menambahkan bahwa penonton disabilitas akan mendapatkan view menonton yang nyaman, aman, dan mudah untuk jalur evakuasinya. “Kami akan memberikan fasilitas plus one bagi mereka yang memang membutuhkan. Tentunya, ada syarat dan ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi salah sasaran,” pungkasnya.

Selain itu, KOSTCON Jakarta juga bekerja sama dengan Maria Monique Last Wish Foundation (MMLW) yang didirikan oleh Natalia Tjahja. Seorang pegiat sosial yang sejak 2006 telah berkomitmen membantu anak dan penyandang disabilitas. Bersama MMLW, konser ini menghadirkan kejutan istimewa, yaitu 10 tiket VVIP disediakan khusus bagi remaja difabel agar mereka juga punya kesempatan merasakan langsung pengalaman menonton “konser paling drama se-dunia” di Jakarta.

Selain Kelebrity Worldwide dan TMC Indonesia, KOSTCON Jakarta juga didukung oleh, HiFive Entertainment,selaku promotor internasional berbasis di Malaysia, serta KMF sebagai perwakilan dari industri hiburan Korea Selatan. Keempatnya berperan penting dalam menghadirkan gelaran musik penuh drama ini sebagai bagian dari rangkaian tur Asia dengan standar produksi tinggi dan semangat pertukaran budaya.

“Kami tidak ingin ini terasa seperti pertunjukan musik biasa. Pastinya, penonton harus merasa sedang menyaksikan drama secara langsung dengan transisi adegan, cahaya, dan visual panggung yang menyatu sempurna,” jelas Sean Pereira selaku Group Managing Director HiFive Entertainment.

Konser ini adalah undangan terbuka bagi siapa pun yang pernah larut dalam adegan drama Korea, menyanyikan soundtrack-nya dalam hati, dan ingin merasakan kisah itu kembali, langsung dari panggung secara langsung

“KOSTCON adalah sebuah bukti bahwa lagu soundtrack telah menjadi bagian penting dari ekspor budaya Korea. Ini bukan hanya musik latar, tapi jembatan emosional antara artis dan penggemar global,” tutup Myunggil Lee, Director KMF. (aul)