Starbucks® Gaungkan Kembali Gerakan Mengurangi Sampah dan Limbah
DJAKARTA.ID - PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi Starbucks® di Indonesia, mengumumkan bahwa semua gerai Starbucks® di Indonesia akan mengganti sedotan plastik dengan sedotan kertas. Hal ini akan berlangsung secara bertahap dan diawali pada bulam Februari 2020 ini. Melalui gerakan tersebut, Starbucks® bisa mengurangi lebih dari 30 juta sedotan plastik setiap tahunnya. Sejalan dengan inisiatif ini, PT Sari Coffee Indonesia secara proaktif juga mensosialisasikan penggunaan gelas “For Here” untuk setiap minuman yang dikonsumsi di dalam gerai. Sementara minuman take away, pengunjung diharapkan membawa tumbler sendiri sejalan dalam program “Bring Your Own Tumbler” yang berjalan selama 11 tahun.
Starbucks® di Indonesia mengawali inisiatif penggunaan sedotan kertas pertama kali pada 1 Oktober 2018 melalui gerakan “Greener Nusantara” di Bali. Kemudian berlanjut di Labuan Bajo, Lombok, dan Bandung pada bulan September 2019. Di bawah naungan PT Sari Coffee Indonesia, Starbucks® di Indonesia selalu mengupayakan yang terbaik untuk lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.
"Kami mengajak para pelanggan dan semuanya untuk terlibat dan berpartisipasi dalam langkah sederhana ini. Tentunya, Greener Nusantara akan terus kami kembangkan sebagai wujud nyata perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan,” jelas Anthony Cottan, Director PT Sari Coffee Indonesia.
"Greener Nusantara akan terus berkembang pada peningkatan kegiatan untuk lingkungan yang lebih baik. Mulai dari pemilahan sampah, daur ulang sampah plastik, pemanfaatan ampas kopi ataupun program tata kelola sisa makanan. Saat ini, berbagai inisiatif tersebut sedang kami pelajari dan tinjau secara konsisten. Kami berharap dapat menginspirasi para partner (karyawan Starbucks) serta pelanggan untuk lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan mereka,” tambah Andrea Siahaan selaku Senior General Manager, PR & Communications PT Sari Coffee Indonesia.
Menyambut hari jadi Starbucks® ke-50 pada tahun 2021, perusahaan tersebut telah mengumumkan sebuah aspirasi multi-dekade pada Januari 2020 untuk menjadi sebuah perusahaan bersumber daya positif (a resource-positive company). Selain itu, memberikan lebih banyak kepada planet ini daripada yang telah diambil, menyimpan lebih banyak karbon daripada yang dipancarkan, mengurangi limbah, dan menyediakan air bersih daripada yang digunakan. Starbucks® mengajak semua orang untuk turut berpartisipasi. (aul)
Posting komentar