Bali Happenings

Run, Eat, Run, Repeat!

KILORUN Bali 2018 Sukses Menggairahkan Promosi Wisata Ubud

Selama dua hari (2 – 3 Juni 2018), kawasan Monkey Forest – Ubud tampak ramai dengan ratusan pelari event KILORUN Bali 2018. Tidak hanya peserta lokal, namun juga ada yang dari Thailand. Kegiatan ini adalah bagian dari serangkaian KILORUN 2018 yang digagas oleh Index Creative Village Plc, event organizer asal Thailand terbaik ke-7 di dunia dan didukung Thai AirAsia Co., Ltd.

Festival lari ini menggabungkan lomba lari, makan, dan berwisata yang telah sukses digelar di Thailand sebelumnya. Ada empat negara destinasi wisata Asia yang menjadi perhelatan KILORUN 2018, yaitu Bangkok – Thailand, Ubud – Indonesia, Osaka – Jepang, dan Hanoi – Vietnam.

Founder dan Group CEO dari Index Creative Village Plc, Mr. Kreingkrai Kanjanapokin mengungkapkan bahwa antusiasme peserta di Bali cukup baik. “Rangkaian KILORUN 2018 di Bangkok mampu menyedot sekitar 2.600 peserta termasuk bintang tamu, selebriti, dan tokoh masyarakat. Di Bali sendiri, total ada sekitar 1.150 peserta yang mengikuti festival ini. 19 selebritis Thailand turut bergabung, salah satunya adalah artis ternama Woranuch Bhirombhakdi. Kami bangga atas kesuksesan festival KILORUN 2018 di Bali,” ungkapnya.

Pelaksanaan KILORUN Bali 2018 dibagi dalam dua hari, yaitu 2 dan 3 Juni 2018. Hari pertama, KG (kilogram) RUN atau Aroi Run digelar dengan jumlah peserta sekitar 350 pelari dan pencinta kuliner. Di kategori KG Run, medali akan diberikan bagi peserta yang berhasil menaikkan berat badan 0,5kg dan 1kg. Bagi pemenang lari dengan kostum terbaik, baik pria maupun wanita, akan mendapatkan masing-masing dua tiket pesawat PP Bali – Bangkok dan boneka ikon KILORUN 2018, Baowiw.

“KG Run adalah salah satu unggulan festival lari ini. Peserta tidak hanya berlomba lari, tetapi juga bisa menikmati berbagai hidangan kuliner khas Indonesia, terutama Bali yang dibagi dalam 10 food stalls. Ada Nasi Campur Bali, Ayam Rica-Rica, Ayam Taliwang, Bubur Ayam Bali, Ayam Betutu, Sate Ayam dan Sate Lilit, Nasi Goreng, Bebek Goreng, dan jajanan tradisional lainnya. Rute yang dipilih pun begitu atraktif, karena selain lomba lari dan kulineran, KG Run ingin mengajak para peserta untuk berwisata sekaligus. Mereka menyusuri berbagai tempat dengan pemandangan indah serta bernilai sejarah seperti Monkey Forest, Puri Ubud, Museum Puri Lukisan, dan masih banyak lagi,” ujar Mr. Kreingkrai Kanjanapokin menambahkan.

Pemenang KG Run berkostum terbaik kategori pria adalah Sumarsono asli Banyuwangi yang tampil dengan kostum Suku Dayak. Sedangkan di kategori wanita, Adisai Ruengjirachuporn asal Thailand memukau juri dengan kostum karakter khas Jepang, Sailor Moon. Keduanya berhak mendapatkan tiket PP Bali – Bangkok untuk 2 orang.

Lanjut di hari kedua, berlangsung KM (kilometer) RUN yang diikuti sekitar 800 peserta dengan tiga pilihan jarak tempuh: S Run (3 kilometer), M Run (5 kilometer), dan L Run (10 kilometer). Sama dengan rute KG Run, peserta KM Run juga melewati berbagai destinasi wisata Ubud namun jumlah lokasinya lebih banyak. Seperti Balai Banjar Ubud Kelod, The Blanco Renaissance Museum, Neka Art Museum, Pura Gunung Lebah, Pura Desa, Ubud Palace, Ubud Market, dan Pura Taman Sari.

Pemenang KM Run (S Run dan M Run) berhak mendapatkan tiket pesawat PP Bali – Bangkok masing-masing untuk dua orang. Sedangkan juara L Run memperoleh tiket PP Bali – Bangkok – Osaka, dan menginap dua malam di Club Med Bali untuk 2 orang. Kategori S Run dimenangkan oleh pria asal Indonesia, Yuniar Vingki dan wanita Jepang, Yuki Kawakami. Sedangkan di M Run, pelari Tanah Air, Mudassir menjadi juara bersama wanita dari Australia, Shae Lamond. Terakhir, pemenang L Run adalah Julien Perugini (Perancis) dan Diane Nagel (USA).

“Festival lari ini bertujuan untuk mendorong gaya hidup sehat di kawasan ASEAN. Kami tidak hanya berfokus pada pelari professional, tetapi juga merangkul semua kalangan untuk bisa menikmati lari yang menyenangkan. Tentu saja, hal ini kami harapkan bisa menggairahkan pariwisata lokal Bali, mulai dari kuliner, budaya, dan tradisi,” tambah Mr. Kreingkrai.

Perwakilan dari Thai AirAsia, Mr. Santisuk Klongchaiya sebagai Director of Commercial turut menambahkan bahwa Thai AirAsia mendukung kegiatan positif yang digagas oleh Index Creative Village Plc tersebut. “KILORUN 2018 THE RUNNING FESTIVAL OF FOOD | FUN | FRIEND | FAMILY diselenggarakan di empat destinasi Asia, yakni Bangkok, Ubud, Osaka, dan Hanoi untuk mendukung perekonomian dan pariwisata masing-masing. Armada kami, baik itu AisAsia dan AirAsia X saat ini juga telah melayani keempat rute tersebut. Total hadiah yang kami siapkan sebesar 1,3 milyar rupiah untuk keseluruhan event ini,” jelasnya menutup acara KILORUN Bali 2018.

Setelah penyelenggaran KILORUN Bali 2018, pendaftaran untuk seri ketiga yang akan berlangsung di Osaka – Jepang sudah dibuka dan dapat dibeli di www.kilorun.com. Informasi terbaru mengenai KILORUN 2018 bisa diakses melalui media sosial Facebook: Kilorun, Instagram @kilorun2018, Twitter @Kilorun, dan LINE @Kilorun. (Aul)