The Closet Swap, Bazaar Luxury & Bridal Dalam Rangka Bulan Peduli Kanker Payudara
Dalam rangka memperingati Breast Cancer Awareness yang jatuh di bulan Oktober, Sparkling Society dan The Bride Dept bekerjasama dengan Kuningan City Mall menyelenggarakan kegiatan bazaar pakaian dan barang bermerek dari luar maupun dalam negeri yang diberi nama The Closet Swap - Luxury & Bridal Market for A Cause sebagai bentuk nyata kepedulian dan solidaritas terhadap para perempuan hebat pengidap kanker payudara dan yang telah sembuh dari penyakit mematikan ini. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 27 hingga 30 Oktober 2016 di Kuningan City Mall, Jakarta ini didukung oleh berbagai pihak yang memiliki misi yang sama seperti Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), Kuningan City Mall, GO-JEK, dan para fashion influencer Indonesia.
Lia Kurtz selaku Founder dari Sparkling Society sekaligus penyelenggara The Closet Swap mengatakan "Menyambut Breast Cancer Awareness di Bulan Oktober ini, kami dari Sparkling Society dan The Bride Dept ingin juga berkontribusi memberikan aksi nyata dan solidaritas dari kami kepada para perempuan hebat di Indonesia dalam memerangi kanker payudara. Karena latar belakang dan bidang kami di industri fesyen, kami berinisiatif mengadakan bazaar luxury & bridal yang kami namakan The Closet Swap. Pemasukan yang terjadi dari transaksi penjual-belian dalam bazaar maupun penjualan tiket berbagai tutorial selama kegiatan ini berlangsung, akan kami donasikan sebanyak 2% kepada Yayasan Kanker Payudara Indonesia".
Putri Arinda selaku Founder dari The Bride Dept sekaligus penyelenggara The Closet Swap ini menambahkan, "The Closet Swap – Luxury & Bridal Market For A Cause ini juga sekaligus ingin mempromosikan barang-barang berdesain dan karya anak bangsa. Beberapa barang desainer yang akan dijual adalah seperti hasil desain Biyan – Sebastian Gunawan - Ikat By Didiet Maulana – Anne Avantie – Peggy Hartanto –Ronald V Gaghana– Kleting – Rama Dauhan – dan lain-lain. Barang-barang yang tersedia merupakan barang-barang yang masih baru, second hand, dan yang belum pernah dipakai sama sekali oleh pemiliknya ini juga menghadirkan barang-barang yang bermerek internasional seperti Valentino – Jimmy Choo – Hugo Boss – Chanel - Louis Vuitton – Dior – Ysl – Prada – Gucci – Givenchy - Tod’s - Christian Louboutin - Lanvin – Balenciaga - Ferragamo - Bao Bao By Issey Miyake – Marc Jacobs - Kate Spade – Tory Burch , dan lain-lain.
Semua barang-barang yang terkumpul dalam bazaar ini merupakan barang-barang yang sebelumnya dimiliki oleh para influencer dan selebriti Indonesia yang juga peduli dan berniat membantu dan berkontribusi untuk YKPI. Selebriti dan influencer yang mendukung kegiatan ini di antaranya adalah Rio Dewanto, Maudy Koesnaedi, Chacha Frederica, Novita Angie, Dave Hendrik, Kleting, Ayla Dimitri, Raja Siregar, Anastasia Siantar, Rahmah Umayya, Alexandra Asmasoebrata, Rama Dauhan, Putricaya, Teza Sumendra, Glenn Prasetya, Shabura Sebastian dan lain sebagainya.
Kegiatan bazaar yang bersifat sosial ini juga akan menghadirkan berbagai kegiatan inspiratif dan edukatif untuk para pelanggan Kuningan City Mall, khususnya para perempuan Indonesia. Kegiatan edukatif (tutorial) seperti yang akan hadir dalam kegiatan selama 4 hari ini adalah: Make Your Own Shopping Bag bersama Ideku Handmade, Photo Styling Workshop bersama Full Shutter, Creative Content Workshop bersama William Sudhana of FosVoyer, Wedding Planning Workshop bersama Roro Hanggono of Adhyakti Wedding, Terarrium Workshop bersama Garden Troopers, Makeup Class bersama GO-GLAM dan pembagian brosur maupun leaflet yang berisikan informasi penting seputar kesehatan perempuan dan edukasi mengenai kanker payudara.
Selain itu, salah satu kegiatan yang sangat inspiratif adalah photography exhibition oleh Glenn Prasetya dengan tema "The Survivors", dimana tiap obyek dalam foto kreasi Glenn ini merupakan wajah-wajah dari para cancer survivors di Indonesia. Pameran foto ini diharapkan dapat menyebar semangat dan nilai-nilai fight, strong, positive and hopeful yang bisa menginspirasi masyarakat luas terutama perempuan Indonesia dalam memerangi penyakit kanker payudara.
Dengan konsistensinya dalam menghadirkan dampak sosial yang memberi benefit bagi masyarakat luas khususnya para pelanggan, Christopher Hardja selaku Center Director Kuningan City Mall menerangkan, "Setiap bulan Oktober tiap tahunnya, Kuningan City Mall selalu mengadakan berbagai kegiatan yang menginspirasi dan menarik dalam memperingati Breast Cancer Awareness. Tahun ini senang sekali kami kembali dapat ikut berpartisipasi dengan bekerjasama dengan Sparkling Society dan The Bride Dept dalam mewujudkan kegiatan The Closet Swap di areal Kuningan City Mall".
Linda Agum Gumelar selaku Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menambahkan, "Menurut saya kegiatan seperti ini merupakan salah satu bentuk peduli dan solidaritas yang berbeda dan sangat menarik karena para pelanggan yang datang ke The Closet Swap ini bukan saja bisa berburu barang-barang berkualitas bagus yang mereka idamkan, tetapi kegiatan berbelanja ini memiliki sifat sosial karena mengandung sumbangsih yang akan disalurkan melalui yayasan kami. Saya ingin berpesan kepada semua perempuan Indonesia agar lebih peduli & sayang terhadap kesehatan tubuhnya, hidup sehat dan sadar diri untuk terus memeriksakan diri agar dapat terdeteksi dini jika ada kejanggalan pada tubuhnya khususnya di bagian payudara".
Selama The Closet Swap berlangsung, YKPI akan memberikan edukasi mengenai cara deteksi kanker payudara kepada para pelanggan dan info terkait seputar kesehatan perempuan sekaligus menyediakan Mobile Mammography Service di mana kendaraan ini berfungsi untuk memberikan pemeriksaan mammogram gratis yang diperuntukan bagi 50 mitra driver perempuan GO-JEK di Jakarta.
Monica Oudang selaku Chief Human Resource Officer GO-JEK Indonesia mengatakan "Kami menyambut baik kegiatan ini dan bentuk dukungan yang kami lakukan diantaranya adalah melakukan penggalangan dana "Donate as You Wish" sejak tanggal 19 hingga 31 Oktober 2016 melalui layanan GO-TIX yang ada dalam aplikasi GO-JEK. Para pengguna GO-JEK dan masyarakat umum dapat menyumbangkan dana via GO-TIX minimum sebesar Rp 10.000,- yang akan dikumpulkan dan kemudian akan didonasikan 100% kepada YKPI. Pelanggan yang memberi donasi via GO-TIX akan mendapatkan benefit berupa makeup & hairdo touch up by GO-GLAM pada saat acara Closet Swap berlangsung tanggal 27-30 Oktober 2016".
"Kami ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada semua semua pihak yang telah berpatisipasi dalam memberi dukungannya dan mewujudkan kegiatan ini. Ke depannya, kami akan terus berkomitmen untuk melakukan kegiatan peduli bersifat sosial seperti ini dalam bentuk lainnya di masa datang. Khusus untuk breast cancer awareness, acara The Closet Swap akan kami lakukan kembali dan kami akan terus mengajak pihak-pihak yang memiliki visi dan misi untuk ikut berpartisipasi dan mewujudkan aksi sosial dan kepeduliannya terhadap perempuan Indonesia pengidap kanker payudara." tutup Friska Ruslim selaku Founder The Bride Dept dan penyelenggara The Closet Swap.
Posting komentar