e-Commerce

12.12 Birthday Sale 2023

Shopee Rayakan 8 Tahun Menciptakan Dampak Positif Bersama JKT48

DJAKARTA.ID – Genap 8 tahun beroperasi dan menemani pengguna di Indonesia, Shopee merayakan pertambahan usia sewindu dengan menghadirkan kampanye ikoniknya “12.12 Birthday Sale. Menggandeng idol group JKT48 sebagai bintang iklan TV terbaru, kampanye penutup akhir tahun ini merupakan bentuk apresiasi Shopee terhadap kontribusi seluruh ekosistem, baik itu pembeli, mitra brand, pelaku usaha lokal serta content creator yang menciptakan dampak positif secara konsisten. Rangkaian kampanye yang berlangsung sejak 13 November hingga 12 Desember 2023 nanti dengan menghadirkan deretan promo spesial seperti “Pesta Gratis Ongkir Rp0”, “Gebyar Promo” dan “Bonus Akhir Tahun 12M”.

“Sejak awal hadir di tengah masyarakat pada tahun 2015, Shopee memiliki misi untuk meningkatkan kualitas hidup penggunanya, baik pembeli serta pelaku usaha. Bersamaan dengan besarnya potensi yang ditawarkan oleh transformasi digital, kami percaya bahwa perkembangan ini juga diikuti dengan lahirnya solusi hingga peluang baru. Berbagai program kolaborasi, inisiatif, dan fitur inovatif telah Shopee hadirkan sebagai bentuk nyata komitmen kami untuk menjadi wadah yang mendukung dan mengedepankan kebutuhan seluruh ekosistem,” ujar Daniel Minardi selaku Head of Brands Management & Digital Product Shopee Indonesia.

Peran dan fungsi Shopee lebih dari sekedar wadah perpanjangan tangan antara penjual dan pembeli. Kesempatan dan pengaruh signifikan yang dihadirkan melalui program inisiatif dan berbagai inovasi fitur selama 8 tahun ini, memberikan dampak berbeda bagi masing-masing ekosistem di Indonesia. Memahami karakteristik perilaku belanja dan kebutuhan masyarakat menjadi salah satu kunci utama untuk dapat menghadirkan destinasi belanja online yang menawarkan pengalaman terbaik. Shopee terus bergerak seiring dengan kemajuan teknologi, perubahan perilaku belanja, dinamika pasar dan kebutuhan serta preferensi pengguna yang terus berkembang.

Pasar Indonesia memiliki potensi yang luar biasa, tidak hanya karena luas wilayah dan jumlah penduduk melimpah, tetapi juga dipacu oleh pertumbuhan pesat tren belanja online. Menyadari potensi ini, Shopee konsisten menggunakan strategi customer-focused approach guna menghadirkan wadah dan menjadi solusi yang dapat menawarkan pengalaman belanja online lebih mudah dan mulus. Mulai dari fitur melihat-lihat barang, check out hingga sampai ke tangan pembeli. Hal ini juga yang mendorong Shopee untuk berkolaborasi dengan banyak pihak seperti logistik hingga bank guna memberikan ragam pilihan pembayaran serta pengiriman sesuai dengan preferensi masing-masing pengguna.

Tidak hanya berdiri sendiri, penawaran dan fitur inovatif juga dihadirkan bersama dengan rangkaian kampanye yang mengusung tema berbeda. Kemeriahan festival akhir tahun mulai dari “9.9 Super Shopping Day” hingga “12.12 Birthday Sale” menjadi rangkaian yang telah dimanfaatkan oleh pengguna untuk mendapatkan keuntungan maksimal dalam memenuhi kebutuhan sejak lama. Rangkaian kampanye pun berkembang dengan mengusung tema-tema berbeda. Melalui “3.3 Grand Fashion Sale”, “Big Ramadan Sale”, “6.6 Mega Elektronik Sale”, “8.8 Beauty & Fashion Festival”, tahun ini Shopee berupaya untuk menghadirkan solusi dalam memenuhi kebutuhan pada momen dan kategori tertentu. Di saat yang sama, dampak positif tidak hanya dirasakan oleh pembeli saja, tetapi juga secara bersamaan terus menawarkan kesempatan bagi para pelaku usaha pada masing-masing kategori untuk meningkatkan eksposur nya. Selain itu, fitur atau program yang menjadi favorit pengguna turut dijadikan tema untuk sebagian kampanye, antara lain “COD 2.2 Sale” dan “7.7 Live Bombastis Sale”. Hal ini tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga juga meningkatkan keterlibatan dan interaksi.

Nafiatul Iza, Public Relations dari brand Seradia mengatakan perkembangan jenamanya setelah bergabung dengan Shopee sejak tahun 2019 berperan besar dalam perjalanan bisnisnya. “Setiap kampanye Shopee, antusiasme pengguna terhadap produk Seradia meningkat secara signifikan. Pada puncak 9.9 Super Shopping Day, pesanan terhadap produk Seradia meningkat sebanyak 10 kali lipat dibandingkan hari biasa. Pencapaian ini juga terlihat pada kampanye 10.10 Brands Festival kemarin. Selain itu, berkat Program Ekspor Shopee, Seradia mendapatkan kesempatan untuk memperluas jangkauan penjualan hingga ke luar negeri. Kami juga bangga karena melalui Shopee, Seradia bisa menunjukkan kualitas muslim fashion asli Indonesia kepada konsumen di pasar internasional.”

Menjadi perpanjangan tangan antara penjual dan pembeli menjadi fungsi utama yang dihadirkan melalui Shopee. Semakin tingginya animo masyarakat untuk menjadikan belanja online sebagai alternatif berbelanja menjadi faktor utama dalam bertumbuhnya eksistensi brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan Shopee untuk meningkatkan online presence dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Tahun ini Shopee kembali menggandeng idol group JKT48 dalam kampanye “12.12 Birthday Sale” yang diwaikili oleh Zee JKT48, Freya JKT48, Gracia JKT48 dan Christy JKT48. “Selain membantu memenuhi kebutuhan, kami juga merasa kalau Shopee menghadirkan kesempatan untuk membantu semua orang berkembang, termasuk bagi JKT48 juga. Mulai dari memungkinkan kami untuk berkolaborasi serta berinteraksi dengan fans lewat live streaming di Shopee, dan juga lewat event seperti TV Show dimana kami berkesempatan untuk tampil bersama sejumlah artis papan atas Indonesia. Selain itu, belum lama ini kami juga baru grand launching Official Store JKT48 di Shopee yang tentunya semakin mempermudah fans kami untuk membeli official merchandise JKT48 dengan praktis dan tentunya sambil memanfaatkan berbagai penawaran menarik di Shopee,” ujar salah satu member JKT48.

Semakin melengkapi kemeriahan dan keseruan yang menutup rangkaian festival belanja akhir tahun, Shopee telah menyiapkan “GEBYAR PROMO” spesial “Serba 12” di Shopee, ShopeePay, SPayLater, Seabank & Shopee Food yaitu “Promo Belanja s/d 1,2 JT”, “Promo QRIS Shopee Pay & SPayLater”, “Buka Rekening & Nabung dapat 120 RB Seabank”, “Menu ShopeeFood mulai 12RB”, dan berbagai promo bank menarik lainnya. Sepanjang kampanye 12.12 kali ini, pengguna dapat menikmati penawaran terbaik, “Shopee Live Diskon Murah” dua kali sehari yaitu pada pukul 12.00 dan 20.00 WIB. Catat promo dan waktunya, jangan sampai ketinggalan! (aul)